Profil Lengkap Jose Mourinho

Category: Profil 187

Profil Lengkap Jose Mourinho | Berita Bola Terupdate

Cerdas, Penuh Kontroversi dan suka dengan pemain bertipe pekerja keras, itulah yang bisa kami gambarkan dari seorang Jose Mourinho, sosok pelatih yang sudah pernah mencicipi berbagai macam kompetisi di liga berbeda dan klub berbeda pula. Arsitek taktik asal Portugal ini memang handal dalam hal strategi, dia bahkan orang pertama yang menghentikan era kejayaan Barcelona saat masih menjabat sebagai pelatih Real Madrid, dia juga yang sudah meraih 2 trofi Liga Champions Eropa di 2 klub berbeda.

Jadi, penasaran kah anda dengan sosok berjulukan The Special One ini? Simak Profil, biodata dan beberapa fakta tentangnya berikut.

Nama Lengkap : Jose Mario dos Santos Mourinho Felix
Tempat Lahir : Setubal, Lisbon, Portugal
Tanggal Lahir : 26 Januari 1963
Klub Sekarang : Chelsea
Posisi : Pelatih
Negara : Portugal

Mourinho mungkin sudah bisa dikatakan sebagai pelatih terbaik sepanjang sejarah sepakbola, tapi faktanya dia tidak sukses ketika menjalani karir sebagai pemain. Hanya 7 tahun saja dia mengecap karir dengan sepatu sepakbola di atas lapangan dan bermain dengan klub-klub amatir di Portugal.

The Special one kemudian memutuskan untuk pensiun di tahun 1987 dan memulai peruntungannya di Dunia Kepelatihan.

13 Tahun Pasca gantung sepatu, Benfica FC adalah klub pertama yang dia asuh, tapi selang setahun saja, dia menangani klub amatir Uniao de Leiria. Untungnya tahun berikutnya dia digandeng FC Porto. Dia berhasil mempersembahkan 6 trofi untuk FC Porto, termasuk Trofi Liga Champions Eropa tahun 2004.

sejak saat itulah awal mula kesuksesan Mou, melanjutkan karir dengan Chelsea, Inter Milan, Real madrid dan kembali ke Chelsea lagi pada tahun 2013 lalu.

Dia selalu berhasil mempersembahkan trofi untuk klub yang dibesutnya, dan minimal adalah trofi Liga Domestik. Hal itulah alasan mengapa dia dijuluki sebagai The Special One dan meraih berbagai penghargaan induividual termasuk Ballon d’Or untuk pelatih terbaik tahun 2010.

Related Articles