Inilah Pencetak Gol Tertua Dalam Sejarah Piala Euro

Ivica VasticEuro 2008 yang berlangsung di Austria dan Swiss menjadi perpisahan termanis bagi Ivica Vastic bersama timnas Austria sebelum gantung sepatu. Di Usia 38 tahun 257 hari, sang pemain Veteran mampu mencetak gol dan menjadi pencetak gol tertua dalam sejarah euro.

Ivica Vastic, mungkin namanya masih asing di telinga para pecinta sepakbola, dan kami rasa memang demikian, namun faktanya, dia adalah pencetak gol tertua dalam sejarah Piala Euro. Berawal dari pagelaran turnamen yang berlangsung empat tahun sekali itu di Austria dan Swiss pada tahun 2008 silam, Vastic yang sudah sangat tua, 38 tahun, tetap diikutsertakan oleh Tim nasional Austria untuk ajang Piala Euro. Saat itu, pelatih Timnas Austria memang memboyong beberapa pemain tua dan berpengalaman demi menjaga keseimbangan dalam tim, karena cukup banyak terdapat pemain muda ketika itu, dan Ivica Vastic adalah pemain tertua dalam skuat Timnas Austria, dimana saat itu dia bermain bagi salah satu klub Lokal Swiss.

Tentu saja, pemanggilan sang pemain veteran sangat mengejutkan publik, pasalnya sudah 2,5 tahun berlalu dia tidak membela Austria di Level Internasional. Banyak yang mempertanyakan keputusan pelatih saat itu, kenapa tidak memasukkan pemain yang lebih muda saja. Tapi siapa sangka, Vastic berhasil membungkam para peragu, dengan mencetak gol di babak fase Group lewat titik putih penalti dalam laga kontra Polandia, dimana gol tersebut adalah satu-satunya gol yang dicetak Austria sepanjang fase Group dengan catatan dua kali kalah dan sekali imbang.

Gol itu membuat nama Vastic tercatat dalam sejarah Euro sebagai pencetak gol tertua, dimana saat itu usianya sudah 38 tahun 257 hari. Rekor tersebut masih bertahan sampai hari ini.