VAR Tidak Akan Anulir Gol Tangan tuhan Maradona

Category: Berita Bola 6

VAR adalah teknologi terkini yang ditawarkan FIFA untuk meminimalisir kesalahan wasit lewat penayangan ulang video sebuah insiden dalam sebuah pertandingan. Namun menurut Maradona, andaikan VAR sudah ada di tahun 1986 silam, itu tidak akan menganulir gol tangan tuhan yang dicetaknya ke gawang Inggris.

VAR Tidak Akan Anulir Gol Tangan tuhan Maradona

Diego Maradona memang dikenal sebagai salah satu legenda sepakbola yang luar biasa karirnya di masa silam. Selain dikenal karena karinya yang mneterng, performanya yang apik dan catatan prestasinya, Maradona juga dikenal sebagai sosok kontroversial dengan sejumlah hal dari dirinya yang sampai sekarang masih dikenang oleh dunia.

Salah satunya adalah Gol kontroversial di babak perempat final Piala dunia tahun 1986 silam. Saat itu, Maradona berhasil membawa Argentina menang berkat golnya di menit krusial. Dalam tayangan ulang, terlihat Maradona menyundul bola ke atas untuk memperdaya kiper Inggris kala itu, wasit pun mengesahkan gol kedua tim tango yang membawa mereka melangkah ke empat besar.

Namun, berdasarkan tayangan ulang, ternyata gol tersebut sendiri harusnya dianulir, karena Maradona mendorong bola dengan tangannya sendiri, alih-alih kepala. Kesalahan wasit seperti inilah yang tidak bisa ditolrerir, terlebih pada ajang besar seperti Piala dunia. Karenanya, VAR disebut-sebut akan membantu wasit mengurangi kesalahan yang bakal krusial pada hasil akhir laga.

Tapi, Maradona sendiri yakin, VAR tidak akan membuat golnya itu di anulir jika memang teknologi tersebut sudah ada sejak tahun 1986 silam.

“Dianulir? Tidak, VAR tetap tidak akan menggagalkan gol legendaris saya itu, Saya rasa memang harus ada teknologi dalam sepakbola dan memang, sepakbola tidak bisa dipisahkan dari teknologi. Saya pikir VAR juga merupakan sesuatu yang bagus karena bisa merefleksikan apa yang terjadi di lapangan dan tidak hanya melulu memutuskan apakah suatu gol sah atau tidak,” tegas Maradona, seperti dilansir Goal.

Related Articles