UEFA sudah Tentukan Wasit Final Piala Euro 2016

Category: Berita Bola 7

Mark ClattenburgAdalah Mark Clattenburg, Wasit asal Inggris ini menjadi pengadil lapangan kedua sepanjang sejarah sepak bola yang menengahi partai final UCL serta Euro pada tahun yang sama, setelah sebelumnya ada Pedro Proenca asal Portugal yang mendapat kesempatan serupa di tahun 2012 silam.

Wasit alias Pengadil di atas lapangan untuk partai final piala Euro 2016 telah ditentukan, dan sosok tersebut adalah Mark Clattenburg. Wasit asal Inggris ini telah mendapat kepercayaan dari UEFA untuk memimpin final Euro 2016 yang mempertemukan tim tuan rumah Prancis dan Timnas Portugal yang rencananya akan digelar di Stade de France pada Senin dinihari WIB, 11 Juli 2016 mendatang.

Sebagai informasi, Mark Clattenburg adalah wasit kedua dalam sejarah sepakbola yang dipercaya untuk menangani dua partai final kompetisi Eropa, UEFA Champions League dan UEFA Euro 2016 oleh UEFA, setelah sebelumnya ada Pedro Proenca yang mendapati kesempatan yang sama pada tahun 2012 silam. Seperti diketahui, Sebelumnya Clattenburg juga turut bertindak sebagai pemimpin pertandingan final Liga Champions Eropa 2015/16 yang dimenangi Real Madrid atas Atletico Madrid melalui adu penalti.

Sementara itu, Secara total pertandingan final Euro 2016 nanti juga menjadi final ketiga yang dipimpin Clattenburg musim ini, setelah di level domestik ia juga memimpin final Piala FA antara Manchester United dan Crystal Palace, yang dimenangkan Setan Merah.

Wasit Top asal Inggris ini sejatinya juga akan menjadi wasit Inggris pertama yang bertugas di partai besar Euro sejak Arthur Holland pada 1964, antara spanyol melawan Uni Soviet. Menurut informasi, Clatteburg nantinya akan ditemani oleh Simon Beck dan Jack Collin, sementara Anthony Taylor serta Andre Marriner terpilih sebagai dua asisten adisional. Adapun Viktor Kassai dan Gyorgy Ring dari Hongaria masing-masing menjadi ofisial keempat dan asisten cadangan.

Related Articles