Terkait Penundaan ISL 2015, FIFA Ultimatum BOPI dan PSSI

Category: Berita Bola 57

Federasi Sepakbola Tertinggi Dunia, FIFA akhirnya menjawab surat yang dikirimkan oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga pada tanggal 2 April lalu. Dalam isi surat tersebut, FIFA mengultimatum dua pihak terkait, Menpora dan BOPI untuk tidak ikut mencampuri urusan PSSI yang merupakan salah satu anggota resmi FIFA. Jika terus demikian, maka Sepakbola Indonesia akan mendapat hukuman langsung dari FIFA berupa larangan beraktivitas dalam dunia sepakbola.

Terkait Penundaan ISL 2015, FIFA Ultimatum BOPI dan PSSI | Berita Bola Terupdate

“Kami mengacu terhadap korespondensi anda pada tanggal 2 April 2015, tentang hal tersebut. Secara khusus, anda telah memberi tahu kami bahwa Badan Olahraga Profesional Indonesia, sebuah lembaga dari Indonesia dibawah Menpora, berupaya untuk mecegah Persebaya Surabaya dan Arema Malang untuk mengikuti turnamen ISL 2015”

“Seperti yang sudah kita mengerti, alasan mencegah klub ikut berpartisipasi adalah karena BOPI berupaya untuk memaksakan kriteria tambahan demi dijadikan pedoman oleh PSSI yang harus diikuti oleh semua peserta Kompetisi ISL. Berhubungan dengan keikutsertaan klub di ISL 2015, kami informasikan disini, bahwa semua anggota FIFA harus bisa mengelola urusan mereka secara independen dan tanpa adanya pengaruh dari pihak ketiga seperti yang sudah diatur dengan jelas dalam statua FIFA no. 13 dan 17”

“Untuk selanjutnya, dan dalam kaitan dengan kriteria, kami menginfoirmasikan bahwa hanya Anggota Asosiasi FIFA yang dapat menjadi pemberi Lisensi serta bertindak sebagai badan yang bertanggung jawab untuk mengatur serta menegaskan kriteria yang harus dipenuhi oleh klub (Pasal 2 dan 3 Dari Peraturan Perizinan FIFA Club)”

“Dengan mencegah klub peserta berpartisipasi dalam kompetisi ISL 2015, dengan cara menambahkan kriteria yang harus mereka penuhi yang sebenarnya sudah diterapkan oleh PSSI, dalam pandangan kami, ini akan membuat Asosiasi Sepakbola Indonesia (PSSI) melanggar Pasal 13 dan 17 Statua FIFA serta ketentuan terkait dari peraturan Perizinan FIFA Club”

“Oleh Karena itu, dengan rasa hormat kami meminta kepada Lembaga anda, atau BOPI untk menahan diri dengan tidak mengganggu lagi urusan PSSI, dan memungkinkan PSSI memenuhi kewajibannya sebagai Anggota FIFA. Jika kalian gagal mematuhi hal tersebut, maka kami tidak punya pilihan lagi untuk melakukan hal yang mengacu kepada FIFA dan kemungkinan sanksi bagi PSSI” Demikian bunyi surat yang dikirimkan FIFA melalui Jerome Vackle yang menjabat sebagai Sekjen FIFA.

Related Articles