Suka Cita ADL Terkait Pengunduran Diri Presiden FIGC

Keputusan Carlo Tavecchio untuk mundur dari Kursi Presiden Federasi Sepakbola Italia (FIGC) rupanya disambut suka cita oleh sejumlah pihak, termasuk salah satunya Presiden Klub Napoli, Aurelio De Laurentiis.

Suka Cita ADL Terkait Pengunduran Diri Presiden FIGC

Sebagaimana diketahui, semenjak kegagalan Tim Nasional Italia di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 , memang sudah ada desakan dari sejumlah pihak agar Tavecchio lebih baik mengundurkan diri dari kursi Presiden FIGC lantaran sepakboal Italia menjadi semakin mundur dibawah kepemimpinannya. Hanya saja, yang bersangkutan masih tetap kukuh dengan pendiriannya untuk bertahan.

Pada akhirnya, setelah gli Azzurri dipastikan gagal melangkah ke Turnamnen empat tahunan tersebut, pengunduran dirinya pun tak terelakkan lagi. Tak lama berselang setelah pelatih gian Piero Ventura dipecat, gilirang Carlo Tavecchio yang mengumumkan keputusannya untuk undur diri dari kursi Presiden FIGC.

Ketika ada seorang presiden yang mengundurkan diri, harusnya ada simpati dari sejumlah pihak, tapi hal yang berbeda terjadi di Italia, justru keputusan Tavecchio itu disambut baik bahkan suka cuta oleh sejumlah pihak. Presiden Napoli, Aurelio De Laurentiis menilai bahwa pemunduran diri Tavecchio adalah langkah yang tepat.

“Apakah saya meminta Tavecchio untuk mengundurkan diri? Tidak seperti itu ceritanya. Bagi saya sepertinya masalah ini bukan hanya fakta bahwa Italia gagal lolos ke Piala Dunia. Saya sangat kecewa dengan Tavecchio, namun federasi ini bagus untuk Serie B, Serie C dan kasta teratas.”

“Jadi, saya kira ini adalah kesempatan yang tidak terlalu sering untuk menyingirkan seseorang, namun untuk membangun dengan cara yang tidak pernah dilakukan sebelumnya. Selalu memulai dari liga. Kami perlu badan yang mempelajari dan memodernisasi sepakbola ketika dunia berubah, karena sepakbola sudah lama sekali berubah.” ujar De Laurentiis kepada TuttoNapoli.