Soal Referendum Kemerdekaan Catalunya, Valverde Pilih Bungkam

Category: Berita Bola 8

Spanyol dan Catalunya belakangan mengalami konflik dan kian memanas seiring dengan pernyataan pihak otonom Catalunya yang menyatakan bakal mempersiapkan diri untuk kemerdekaan mereka sendiri dalam waktu dekat. Mengenai semakin panasnya situasi tersebut, pelatih Barcelona, Ernesto Valverde sendiri memilih bungkam.

Soal Referendum Kemerdekaan Catalunya, Valverde Pilih Bungkam

Seperti diketahui, Catalunya memang sudah sejak beberapa tahun terakhir ini mengatakan rencana mereka untuk berpisah dari Spanyol dan menjadi negara yang independen alias merdeka. Situasi ini terus berkembang, sampai dirilisnya referendum untuk memisahkan diri dari Spanyol pada beberapa waktu lalu yang kemudian menimbulkan kerusuhan.

Situasi tersebut tak mereda, bahkan cenderung terus memanas seiring dengan pernyataan otonom Catalunya baru-baru ini mengenai rencana mereka mendeklarasikan kemerdekaan dalam waktu dekat. Akan tetapi, pihak Spanyol menganggap bahwa itu hanya deklarasi sepihak, bukan kedua pihak, dan jika dipaksakan kemungkinan akan terjadi kerusuhan bakal semakin besar.

Sedangkan Barcelona yang merupakan salah satu klub sepakbola Catalan yang bermain di pentas La Liga Spanyol, juga disebut akan terdampak dari situasi ini, dimana mereka terancam dikeluarkan dari La Liga Spanyol. Mengenai hal tersebut, pelatih Barca, Ernesto Valverde sendiri enggan ambil pusing dan tak mau berkomentar banyak.

“Saya tak mau mengambil kesimpulan. Seperti semua orang, saya juga memiliki pendapat sendiri soal referendum dan kemerdekaan Catalunya. Tapi saya cuma ingin fokus pada pekerjaan saya di bidang olahraga saja, jadi saya tak akan mengungkapkan pendapat saya,”

“Tidak ada yang terjadi sampai saat ini, dan kita tidak perlu membuat asumsi lebih dulu soal krisis. Mari kita bicara soal realita saja. Saat ini, kenyataannya adalah kami akan menjalani pertandingan dan akan berusaha untuk menang.” terang Valverde kepada AS.

Related Articles