Sejumlah Rekor Gol Dalam Sejarah Piala Euro

Category: Berita Bola 8

Robbie KeaneHanya selang tiga hari lagi, para pecinta sepakbola akan disuguhkan hiburan langka yang hanya berlangsung sekali saja dalam empat tahun, apalagi kalau bukan turnamen Piala Euro 2016 yang rencananya akan digulirkan mulai tanggal 10 Juni 2016 mendatang dengan Prancis yang akan menjadi tuan rumahnya. Bicara soal Euro, turnamen ini sejatinya telah digelar sejak tahun 1960 silam, ada sejumlah rekor yang ditorehkan para legenda sepakbola di turnamen ini, tidak terkecuali deretan rekor gol berikut ini.

1. Top Skorer Sepanjang Masa
Legenda Timnas Prancis dan eks Presiden UEFA, Michel Platini masih menduduki kursi top skorer sepanjang masa Putaran final Piala Euro, dimana pada tahun 1984 silam dia berhasil mengoleksi sembilan gol, jumlah tertinggi yang pernah dicapai seorang pemain pada putaran final kompetisi tahunan ini.

2. Top Skorer Di Babak Kualifikasi
Legenda hidup tim Nasional Republik Irlandia yang juga ikut bermain di ajang Euro 2016 mendatang, Robbie Keane, adalah pencetak gol terbanyak di baba kualifikasi sepanjang sejarah Euro. Sang Striker, telah mengoleksi 26 gol di babak kualifikasi sejauh ini.

3. Top Skorer Hattrick
DI ajang se kompetitif piala euro, sulit bagi seorang pemain untuk mencetak gol hattrick, apalagi di babak putaran final, yang tentu saja akan berlangsung amat ketat, namun legenda Prancis, Michel Platini berhasil membuktikan bahwa dia adalah salah satu pemain terbaik dalam sejarah Sepakbola, selain menjadi top skorer sepanjang masa Euro, Platini juga sukses jadi top Skorer Hattrick dengan dua koleksi yang dia capai pada tahun 1984 silam.

4. Pencetal gol termuda
Johan Vonlanthen, legenda Tim Nasional Swiss ini masih memegang rekor sebagai pencetak gol termuda dalam sejarah Euro. Rekor tersebut diukirnya pada tahun 2004 dalam laga melawan Prancis, dimana dia masih berusia 18 tahun 141 hari.

Related Articles