Sejumlah Fakta Menarik Tentang Sosok Johan Cruyff

Category: Berita Bola, Profil 9

CruyffJohan Cruyff, dialah sang Legenda Sepakbola yang telah menghembuskan nafas terakhir pada Kamis lalu, 24 Maret 2016 di Rumah Sakit Barcelona akibat penyakit kanker yang dideritanya selama beberapa bulan terakhir. Di Sepakbola cruyff begitu memegang kontribusi besar, secara keseluruhan, tak hanya bagi klub atau tim yang pernah dia bela selama masih berkarir sebagai pemain dan berprofesi sebagai pelatih. Bicara soal Cruyff, kami akan membahas sejumlah fakta menarik tentang legenda sepakbola belanda tersebut, simak dalam ulasan lengkap dibawah ini.

1. Pemerakarsa taktik Tiki-Taka

Jauh sebelum taktik tiki-taka ala Barcelona mendunia dan mendapat banyak sanjungan, Timnas Belanda dibawah arahan Rinus Michel, terlebih dulu menerapkan sistem permainan ala Total Football, sama dengan tiki taka, namun dengan cara yang lebih kompleks. Saat itu, Total Football ala Timnas Belanda dilancarkan dan dipimpin langsung oleh pemain Brilian, Johan Cruyff.

2. Pemain pertama dengan 3 Ballon d’or

Cruyff sangat melegenda, dia dikenal sebagai pemain hebat dan pelatih jenius di masa lalu. Saat masih menjadi pemain, Cruyff begitu gemilang, maka tak heran jika akhirnya sang legenda menggondol tiga ballon d’Or selama aktif bermain dulu, dan merupakan pemain pertama yang mengoleksi tiga buah Ballon d’Or dalam sejarah sepakbola.

3. Adidas Pertama dengan Dua Strip

Adidas, Brand Apparel ternama asal Jerman ini kita kenal dengan ciri khas tiga Strip sejak masa silam, namun karena keras kepala, Cruyff akhirnya memaksa adidas untuk membuat Jersey Belanda dengan hanya dua Strip di bagian pundak sampai lengan, ketika itu alasannya adalah karena dia masih terikat kontrak sponsor dengan Puma.

4. Dibanderol dengan 2 Juta Pounds

Saat ini, banderol pemain hebat dalam sepakbola bisa mencapai angka 100 Juta Euro, sementara di masa lalu, harga setinggi itu belum ada, dua juta pounds yang disematkan ajax pada Cruyff saat ditebus Barcelona pada tahun 1973 adalah yang termahal dalam sejarah ketika itu.

Related Articles