Sejarah Singkat Berlangsungnya Turnamen Piala Euro

Category: Berita Bola 8

Kejuaraan Sepakbola Eropa UEFA atau yang kita kenal dengan Piala Euro, nyaris sama dengan Piala Dunia yang berlangsung sebanyak satu kali selama empat tahun. Adapun, Piala Euro edisi terbaru sendiri akan berlangsung pada musim panas mendatang di Prancis, yang mana para peserta di babak fase Group sudah ditentukan berdasarkan hasil kualifikasi sejak tahun 2015 kemarin. Bicara soal Piala Euro, kurang mantap rasanya jika kita tidak tahu sejarah berdirinya Turnamen ini. Bagaimana sih awal mula berlangsungnya Kompetisi Piala Euro?

Sejarah Singkat Berlangsungnya Turnamen Piala Euro | Berita Bola Terupdate

Awalnya, Ide untuk Diselenggarakannya Turnamen Empat tahunan ini digagas oleh Sektrtariat Jendral Federasi Sepakbola Prancis (FFF) pada tahun 1927, dia adalah Henry Delaunay, sayangnya, lima tahun jelang Piala Euro pertama digelar, sang penggagas meninggal dunia. Alhasil, untuk menghormati Delaunay, pihak UEFA menamai Trofi Piala Euro dengan nama Henry Delaunay Trophy sampai saat ini.

Turnamen Pertama kompetisi ini digelar pada tahun 1960, ada empat tim yang lolos ke putaran final setelah sebelumnya diikuti oleh 17 tim pada babak kualifikasi. Kompetisi pertama dimenangkan Oleh Uni Soviet yang menang atas Yugoslavia pada laga final dengan skor 2-1. Sempat ada kontroversi, Spanyol mundur dari babak semifinal, sehingga Uni Soviet menang by dan melangkah ke babak final tanpa menghadapi tim manapun.

Di Periode 1964, Spanyol kemudian menjadi Tuan Rumah, dalam turnamen edisi kedua itu, secara mengejutkan ada 29 tim yang ikut berpartisipasi, dalam turnamen kali ini ada Jerman barat yang absen, kemudian Yunani mengundurkan diri selepas adanya konflik dengan Albania. Tim Tuan Rumah Spanyol sukses merebut trofi Juara usai kalahkan Uni Soviet di Estadio Santiago Bernabeu dengan skor akhir 2-1.

Adapun, Format 24 tim yang kita tahu saat ini baru mulai diterapkan sejak Euro 2016, sebelumnya, Piala Euro hanya menggunakan format 16 tim, sejak tahun 1996 sampai 2012.

Related Articles