Qatar Tetap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022

Category: Berita Bola 10

Qatar Tetap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022 | Berita Bola Terupdate

Qatar sebagai Negara yang terpilih untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 mendatang, sempat dituding telah melakukan suap kepada pihak terkait agar mereka terpilih untuk menggelar event terbesar dalam dunia sepak bola itu. Selain Qatar, Rusia yang terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018 mendatang juga mendapatkan tudingan yang sama dari beberapa pihak.

Karena tudingan tersebut, pihak terkait atau komisi disiplin Independen FIFA melakukan investigasi, dan setelah cukup lama berlangsungnya proses penyelidikan ini, hasilnya Rusia dan Qatar tidak terbukti bersalah. Bukti yang ditujukan atas tudingan tersebut masih terbilang jauh untuk mengatakan bahwa Kedua Negara melakukan aksi suap agar mereka terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia.

Kabar ini disampaikan oleh Hans-Joachim Eckert selaku Hakim dari Tim Komisi Disiplin Independent FIFA yang tidak menemukan adanya kecurangan seperti yang dituduhkan tersebut. Hasilnya, Rusia dan Qatar tetaplah menjadi tuan rumah untuk Piala Dunia tahun 2018 dan tahun 2022 mendatang.

“Secara khusus, dampak dari kejadian dalam proses pengajuan ini, jauh dari batasan yang membuat proses pemilihan tuan rumah perlu diulang atau bahkan perlu dibuka kembali” Demikian jelas Eckert.

Sebelumnya, kasus suap yang dilakukan Mohamed bin Hammam sebagai mantan eksekutif FIFA asal Qatar dikaitkan dengan tudingan ini. Tapi, ternyata setelah diselidiki, suap tersebut sama sekali tidak berkaitan dengan terpilihnya Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, melainkan suap yang ia lakukan untuk membuka jalan jadi Presiden FIFA pada tahun 2011 lalu. Qatar sendiri sudah mempersiapkan segalanya untuk menyelenggarakan Turnamen Empat Tahunan ini sejak dua tahun yang lalu.

Related Articles