Presiden FIFA Kembali Buka Wacana 40 Kontestan Piala Dunia

Category: Berita Bola 5

Gianni Infantino Resmi Terpilih Menjadi Presiden Baru FIFA | Berita Bola TerupdatePria berusia 48 tahun asal Swiss tersebut merasa sangat antusias melihat bagaimana antusiasme para fans Hungaria, Albania, Wales, Islandia dan semacamnya yang ikut bermain di ajang Euro 2016 kemarin, bagaimana jika mereka ikut bermain di ajang Piala Dunia, tentu akan lebih meriah.

Presiden FIFA, Gianni Infantino kembali membuka wacana terkait dengan rencana perubahan format Piala Dunia yang berlangsung satu kali dalam empat tahun. Kali ini lebih mengarah kepada wacana perubahan jumlah tim di babak putaran final, dari yang sebelumnya hanya 32 tim menjadi 40 tim Nasional.

Sebagaimana diketahui, Piala Dunia memang telah mengusung format 32 tim di babak putaran final sejak bertahun-tahun silam. Format tersebut kemudian terbukti efektif, cocok dengan jadwal Piala Dunia itu sendiri yang biasanya berlangsung satu bulan, dari fase Group hingga babak final. Namun, seiring dengan pergantian Presiden FIFA dari Sepp Blatter menuju Gianni Infantino, muncul wacana format baru terkait jumlah peserta di Putaran Final.

Presiden anyar FIFA tersebut menginginkan agar kompetisi Piala Dunia mendatang diikuti oleh 40 peserta, pada putaran finalnya. Wacana ini dia munculkan setelah melihat antusiasme para pendukung Timnas Islandia, Wales, Albania, dan Hungaria di ajang Piala Euro 2016 kemarin.

“Piala Dunia sampai saat ini bukan sekedar tentang sepakbola, tapi sudah menjadi sesuatu yang dianggap penting bagi semua orang, Lihatkan bagaimana antusiasme dari para warga Islandia, albania, Wales atau Hungaria, itu hebat, bagaimana euforia mereka, yang terjadi pada negara-negara tersebut, dan kalian harus bangga”

“Mengubah Piala Dunia dari 32 tim menjadi 40 adalah sebuah kemungkinan yang besar, namun tujuan utama Kami sekarang adalah bagaimana pengembangan sepakbola di dunia” Kata Infantino Kepada Blick.

Related Articles