Para Juara Liga Champions Eropa yang Mulai ‘Terlupakan’

Category: Berita Bola 12

Aston VillaDi ajang Liga Champions Eropa dalam lebih dari satu dekade terakhir ini, selalu dimenangkan oleh tim-tim yang kita kenal sebagai raksasa Eropa, sebut saja Barcelona, Bayern Munchen, Real Madrid, Chelsea, Manchester United, AC Milan, Liverpool dan yang lainnya. Sehingga tidak heran jika image sebagai Juara Liga Champions membuat orang mengingat para raksasa tersebut, padahal, ada klub-klub lain yang juga sempat menjuarai turnamen ini di masa silam. Mereka dianggap telah ‘terlupakan’, well siapa saja sang juara terlupakan itu?

1. Olympique Marseille

Jauh sebelum PSG Mendominasi Prancis, lebih dulu Marseille yang selalu jadi langganan Juara, saat itu mereka bersaing dengan Saint-Etienne, Bordeaux, AS Monaco dan beberapa nama lain. Marseille kemudian mencapai puncak kejayaan kala menangkan trofi Liga Champions Eropa di tahun 1993 silam, mereka sukses kalahkan Milan di partai final lewat gol tunggal Basile Boli.

2. Red Star Belgrade

Bukan hanya terlupakan, mungkin banyak dari kita yang tidak tahu tentang keberadaan klub asal Yugoslavia ini. Mereka adalah Red Star Belgrade, tim yang memenangkan trofi Liga Champions Eropa pada tahun 199 silam. Saat itu, mereka sukses kalahkan Marseille di partai final. Tim ini diperkuat oleh Pelatih Torino, Sinisa Mihajlovic.

3. Steaua Bucuresti

Masih bisa dikatakan lebih terkenal ketimbang Red Star Belgrade, karena bucuresti sempat bermain di Fase Group Liga Champions Eropa dan Liga Europa beberapa tahun terakhir ini. Tapi siapa sangka, mereka juga sempat berjaya di Eropa selepas memenangkan Final pada tahun 1986 silam atas Barcelona.

4. Aston Villa

Sekarang, kita tahu bahwa Villa telah terdegradasi ke Divisi Championship, faktanya di masa lalu mereka berjaya, sempat memenangkan Trofi Si Kuping besar pada tahun 1982, usai kalahkan Bayern Munchen, berkat gol semata wayang peter White di partai final.

Related Articles