Momen-Momen Paling Kontroversial di Sepanjang Sejarah Piala Euro

Category: Berita Bola 6

Ronald KoemanTurnamen Piala Euro 2016 akan berlangsung dalam waktu dekat, sedikit tentang informasi turnamen ini, kompetisi digulirkan oleh UEFA, dengan format yang hampir sama dengan Piala Dunia milik FIFA. Hanya saja, kontestan dalam turnamen ini terdiri hanya dari negara-negara eropa saja yang telah melalui babak kualifikasi. Bicara soal Euro, mengingat turnamen ini adalah turnamen besar, sempat ada beberapa insiden kontroversial yang pernah terjadi dalam sejarahnya, dan kami akan ulas beberapa dibawah ini.

1. Spanyol Mundur Karena Alasan Politik

Mengejutkan sekali saat Spanyol memutuskan mundur dari ajang Euro tahun 1970 silam. Saat itu, mereka lolos ke delapan besar, dan akan berhadapan dengan Uni Soviet, sayang, sebelum laga berlangsung, mereka memilih mundur. Pada saat itu, Spanyol masih dipimpin oleh Jenderal Francos, yang dikenal sebagai sosok pemimpin diktator. Ia tak memberikan izin bagi timnas untuk menjalani laga tandang ke Uni Soviet dan karena keputusan tersebut, terpaksa Spanyol harus mengundurkan diri dari turnamen. Diduga, keputusan Jendral Franco adalah karena masalah politik antara dua negara.

2. Ronald Koeman Hina Jerman

Di Euro 1988, Belanda berhasil kalahkan Jerman pada babak semifinal dengan skor 2-1. Selepas pertandingan, salah seorang pemain Belanda, Ronald Koeman melakukan tindakan kontroversial, usai menukar Jersey dengan Olaf Thon, dia mengusap bagian pantatnya dengan Jersey timnas Jerman yang dinilai sebagai penghinaan besar. Namun, tak lama kemudian Koeman meminta maaf kepada Jerman.

3. Tandukan Basile Boli

Tidak hanya Zidane, sebagai pemain Prancis yang pernah menanduk pemain lawan di Turnamen level Internasional, Basille boli juga sempat melakukan hal yang sama pada Euro 1992. Mantan bek Prancis ini membuat pemain Inggris Stuart Pearce berdarah di muka setelah mendapat tandukan. Insiden ini terjadi pada Euro 1992 yang berlangsung di Swedia.

Related Articles