Minim Trofi, Manchester United Tetap Jadi Tim Paling Berharga

Sejak ditinggalkan Sir Alex Ferguson di tahun 2013 silam, Manchester United masih belum juga kunjung mampu mendaratkan trofi bergengsi di old trafford, terakhir mereka hanya memeanngkan titel Liga europa, kommpetisi kasta kedua di Eropa. Meski demikian, faktanya United masih mengungguli Barcelona dan Real Madri dalam predikat sebagai klub paling berharga di dunia.

Minim Trofi, Manchester United Tetap Jadi Tim Paling Berharga

Ya, sebagaimana hasil survei yang dilakukan oleh majalah ternama, Forbes, KLub Liga Primer Inggris tersebut masih tercatata sebagai klub sepakbola paling berharga di dunia dengan mengalahkan duo clasico yang selalu mendomiinasi eropa dalam satu dekade terakhir, barcelona dan Real Madrid.

Akan tetapi, sebagaimana dilansir Majalah Forbes,, untuk kategori klub olahraga secara umum yang paling berharga di dunia datangnya bukan dari klub sepakbola, tapi klub Baseball, Dallas Cowboys (NFL) dan New York Yankees (MLB) masih menduduki peringkat pertama dan kedua sebagai klub paling berharga. Sementara itu, Manchester United sendiri berada di urutan ketiga dalam daftar klub olahraga paling berharga.

Sebagai informasi, baru-baru ini, Majalah forbes memang merilis daftar 50 Klub Olahraga paling berharga di dunia edisi tahun 2017, dan klub sepakbola sendiri hanya mengirimkan tujuh wakil saja dalam daftar tersebut.

Manchester United – 3,69 miliar US dollar – (Peringkat Global: 3)
Barcelona – 3,64 miliar dollar – 4
Real Madrid – 3,59 miliar dollar – 5
Bayern Munchen – 2,71 miliar dollar – 15
Manchester City – 2,083 miliar dollar – 35
Arsenal – 1,93 miliar dollar – 43
Chelsea – 1,845 miliar dollar – 46

tidak ada nama Liverpool dalam daftar tersebut, tim marseyside harus tergusur dari 50 besar, padahal tahun lalu nama mereka muncul di peringkat 41. Uniknya, Arsenal yang jarang mendapatkan trofi juara juga ada dalam daftar tersebut.