Mereka Yang Menjuarai UCL Sebagai Pemain dan Pelatih

Category: Berita Bola 5

Memenangkan trofi Liga champions Eropa merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi seorang pemain sepakbola yang pernah memenangkannya, terlebih bagi mereka para pelatih sepakbola. Di level internasional, Piala Dunia, Euro dan Juara Copa America adalah idaman para pemain bintang, tapi di level klub, tidak ada gelar yang membanggakan selain Liga Cahmpions Eropa, karena disana persaingan begitu ketat, menggunakan sistim gugur dan menjadi wadah bagi tim-tim terbaik Eropa dari liga-liga Top.

Mereka Yang Menjuarai UCL Sebagai Pemain dan Pelatih

Dalam sejarahnya, tidak sedikit orang yang berhasil mengangkat trofi Liga Champions Eropa sebagai pemain maupun Pelatih, seperti orang-orang dibawah ini.

1. Zinedine Zidane

Zidane adalah legenda Real Madrid yang pernah memenangkan trofi Liga Champions Eropa saat menjadi bagian dari Skuat los Galaticos di tahun 2002 silam. Bahkan, tendangan voli nya pada partai final yang membawa Madrid keluar sebagai juara terkenang sebagai gol terbaik dalam kompetisi tersebut.

Zidane memulai debutnya sebagai pelatih sejak januari 2016 lalu dengan menangani Real Madrid, dan dia berhasil memenangkan dua trofi Liga Champions Eropa dalam dua musim beruntun. Dialah sosok pertama dalam sejarah yang mampu melakukan itu sebagai pelatih sepakbola.

2. Pep Guardiola

Barcelona era Guardiola terkenang sebagai salah satu Barcelona terbaik sepanjang sejarah, saat dia masih menjabat sebagai juru taktik. Dengannya, Barca berhasil mengemas trofi Liga Champions Eropa sebanyak dua kali, tepatnya pada tahun 2009 dan di tahun 2011.

Sebelumnya, guardila sendiri pernah mengangkat trofi tersebut saat masih menjadi bagian dari skuat raksasa Catalan arahan Johan Cruyff di tahun 1992 silam.

3. Frank Rijkaard

Dia adalah legenda Belanda, pernah memenangkan trofi liga Champions Eropa sebanyak tiga kali sebagai pemain, masing-masing di tahun 1989, kemudian di tahun 1990 dan 1995 bersama AC Milan (dua kali) dan bersama Ajax.

Pada tahun 2006, Rijkaard mencatatkan prestasi serupa, tapi kali ini dia bekerja sebagai pelatih bagi Klub raksasa Catalan, Barcelona. Di tahun yang sama, Rijkaard juga mengantarkan Barca raih titel La liga Spanyol.

4. Carlo Ancelotti

Sebagai pelatih, Carlo ancelotti adalah salah satu sosok yang sudah mengoleksi tiga gelar Liga champions yang diraihnya saat menangani AC Milan di dua kesempatan berbeda dan ketika melatih Real madrid di tahun 2014 lalu. Sedangkan saat masih aktif bermain, Ancelotti mengoleksi dua trofi Liga Champions, keduanya diraih saat masih berkostum AC Milan, di tahun 1989 dan 1990.

Related Articles