Mantan Presiden FIFA asal Brasil Telah Meninggal Dunia

Category: Berita Bola 8

Joao HavelangeAdalah Joao Havelange, seorang mantan presiden FIFA asal Brasil yang baru saja meninggal di usia 100 tahun. Dulunya dia adalah penguasa sepakbola sebelum era Sepp blatter bergulir. Mendiang juga pernah menjadi atlet renang di turnamen Olimpiade.

Sebuah kabar duka sepakbola datang dari Brasil dimana salah seorang mantan presiden FIFA Joao Havelange baru saja dikabarkan telah meninggal dunia di usia 100 tahun. Meninggalnya sang Legenda ini berlangsung di kampung halamannya, Rio de Janeiro, pada hari Selasa (16/8) siang waktu setempat.

Sebagaimana laporan yang diturunkan oleh Reuters, Havelange dipercaya meninggal dunia karena masalah pernapasan dan infeksi paru-paru yang dia alami. Memang, yang bersangkutan dilaporkan sering keluar masuk rumah sakit dalam beberapa bulan terakhir ini. Lagipula usianya juga tergolong sudah sangat tua, 100 Tahun.

Sebagai informasi, Joao Havelange sendiri merupakan salah seorang mantan atlet renang Olimpiade dan pemain polo air Brasil, dialah sosok non Eropa pertama dalam sejarah yang menjadi presiden FIFA. Havelange telah bertugas sejak tahun 1974 hingga 1998 sebelum digantikan oleh Sepp Blatter. Selama berkari sebagai Presiden FIFA, Havelange berjasa dalam mengembangkan kontestan Piala Dunia dari 16 tim menjadi 32 tim.

Dia juga sempat menjabat sebagai Presiden Kehormatan FIFA, namun memutuskan mengundurkan diri dari jabatannya ini pada April 2013 terkait dengan adanya penyelidikan atas dugaan suap. Havelange juga pernah tercatat sebagai anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC) pada periode 1963 hingga 2011.

Adapun, untuk mengenang semua jasa yang pernah dia lakukan dalam sepakbola, Nama Havelange kemudian diabadikan ke dalam nama stadion anyar di Rio de Janeiro yang dibangun untuk menyambut Olimpiade 2016 yang kini sedang berlangsung.

Related Articles