Lionel Messi, Pemain Terbaik Dalam Sejarah La Liga

Category: Berita Bola 4

Sebuah studi dilakukan oleh Pusat Investigasi Sejarah dan Statistik Sepakbola Spanyol, atau dikenal dengan istilah singkat CIHEFE, untuk menganalisa dan mempelajari statistic individu seorang pemain sepakbola Spanyol dan memilihnya sebagai pemain terbaik sepanjang sejarah La Liga. Bintang utama Barcelona, Lionel Messi, pun kemudian terpilih sebagai pemain terbaik sepanjang masa.

Lionel Messi, Pemain Terbaik Dalam Sejarah La Liga

Sebagaimana diketahui, pentolan asal Argentina itu memang sangat luar biasa dalam hal statistic, tak hanya di bidang menyarangkan bola ke gawang tim lawan, tapi juga dalam menyumbangkan assist. Sejak debutnya di tim utama Barcelona pada tahun 2004 silam sampai sekarang, total Messi sudah mengemas tak kurang dari 349 gol di ajang La Liga spanyol.

Tak sampai disitu, sosok berusia 30 tahun tersebut juga menjadi pemain pertama dalam sejarah yang mencetak 50 gol dalam satu putaran musim La Liga Spanyol, dan itu terjadi pada musim 2011/12 silam. Belum berhenti, rekor messi juga tercatat di tahun 2012 sebagai pemain dengan jumlah gol terbanyak dalam satu tahun kalender, 59 gol.

Catatan ciamik ini juga masih belum berhenti, seperti yang kami katakana, Messi tak hanya mahir dalam hal mencetak gol, tapi juga menyumbang assist. Total, La Pulga telah mengemas tak kurang dari 113 assist sepanjang membela Barcelona di ajang La Liga spanyol, dimana angka tersebut menjadikannya sebagai pemain dengan assist terbanyak dalam sejarah La Liga.

CHIEFE Studi ini mengukur kehebatan semua pemain yang pernah bermain di La Liga. Untuk menentukannya, digunakan berbagai variabel seperti total menit bermain per musim, gol dari permainan terbuka, penalti, gol bunuh diri, rekor disiplin (kartu kuning, kartu merah) dan beberapa faktor lain.

Sejak La Liga dimulai 90 tahun lalu, sudah ada 9.280 pemain yang sudah bermain di La Liga, termasuk 854 penjaga gawang. Dari penelitian yang dilakukan CIHEFE, Lionel Messi muncul sebagai pemain terbaik La Liga sepanjang masa.

Di bawah Messi ada Raul Gonzalez, Cesar Rodriguez, Telmo Zarra dan Quini Castro di lima besar. Sosok pemain yang kerap disebut sebagai rival Messi, Cristiano Ronaldo, berada di peringkat 17 studi ini. Sebagai catatan, tak banyak pemain aktif yang masuk dalam daftar ini. Selain Messi dan Ronaldo, ada Aritz Aduriz yang bercokol di peringkat 67.

Related Articles