Klub Sepakbola Termahal Dunia Tahun 2017 versi KPMG

Category: Berita Bola 5

Manchester united boleh jadi tim yang dianggap belum mampu bersaing di kompetisi major, terutama liga Primer Inggris, meski sudah tiga gelar mereka raih sepanjang kampanye musim 2016/17 ini. Namun, sebuah fakta mencengangkan diungkap perusahaan audit terbaik Dunia, KPMG yang membuktikan bahwa Setan Merah adalah Tim Sepakbola Termahal Dunia.

Klub Sepakbola Termahal Dunia Tahun 2017 versi KPMG

Kita tahu persis, bagaimana nasib Manchester United sepeninggal manajer legendaris mereka, Sir Alex Ferguson pada tahun 2013 silam. Jangankan untuk bersaing dalam perburuan titel Liga Primer Inggris, mereka bahkan terkatung-katung untuk bisa mengamankan satu tempat di ajang Liga Champions Eropa. Investasi besar-besaran kemudian dilakukan oleh pemilik klub, para pemain bintang yang harganya triliyunan pun didaratkan ke old Trafford.

Bahkan rekor transfer termahal sepanjang masa mereka pecahkan pada musim panas taun 2016 lalu dengan mendatangkan Paul Pobga lewat kocek sebesar 105 Juta Euro! Belum lagi, uang yang tidak sedikit jumlahnya juga dirogoh Manchester united saat mendatangkan Henrikh Mkhitaryan, Erick Bailly, Anthony Martial, Luke Shaw, Ander Herrera, Marouane Fellaini dan beberapa nama lainnya sejak 2013. Maka tak perlu dipertanyakan, Manchester United saat ini adalah salah satu klub dengan nilai skuat tertinggi di dunia.

Tapi besar pengeluaran bisa dikatakan jauh lebih rendah dibandingkan keuntungan yang didapat klub, nama besar yang ditinggalkan Sir Alex Ferguson benar=benar menghadirkan keuntungan signifikan bagi klub yang bermarkas di Old Trafford ini. Entah dari penjualan hak siar televisi, penjualan tiket, marchendise, kerja sama sponsor dan lainya, total musim ini, Setan Merah mendapatkan pemasukan sebesar 570 juta Poundsterling!!!

Bayangkan saja, angka tersebut jauh lebih tinggi, sangat jauh jaraknya dengan keuntungan yang mereka raih musim lalu, 190 Juta Pounds. Tak heran juga jika KPMG kemudian mengklaim bahwa klub milik Keluarga Glatzer ini adalah klub termahal dunia, dengan angka sahamnya senilai 3,004 milyar Euro ! Itulah angka yang harus dibayarkan jika seseorang atau kelompok Investor ingin menebus saham Setan merah secara penuh.

Klub yang minim trofi ini bahkan unggul diatas Kampiun Liga Champions Eropa, Real Madrid, yang memiliki nilai sebesar 2894 Milyar Euro, sedangkan BArcelona ada di tempat ketiga dengan nilai 2688 Milyar Euro!

Related Articles