Klub-Klub Top Dunia Yang Hingga Kini Belum Pernah Terdegradasi

Category: Berita Bola 30

Degradasi adalah hal yang lumrah dalam dunia sepakbola, karena tak ada yang menjamun sebuah klub sepakbola tetap berada dalam statistik dan performa yang bagus untuk bertahan di Divisi Utama. Kendati klub top Dunia sekalipun banyak yang pernah mengalami degradasi, semisal Juventus yang didepak dari Serie A Italia karena kasus Calciopoli. Tapi jangan salah, tak jarang juga klub Top Dunia yang dalam sejarahnya tak pernah terdegradasi, siapa saja mereka?

Klub-Klub Top Dunia Yang Hingga Kini Belum Pernah Terdegradasi | Berita Bola Terupdate

1. Barcelona

Ya, raksasa Catalan ini selalu hadir di Divisi Utama atau Tertinggi di Spanyol, mereka sama sekali tak pernah absen atau terdegradasi dalam sejarahnya. Wajar, sejak dulu, Tim Catalan ini memang selalu dinaungi oleh para pemain bintang, dan terbilang stabil hingga kini. Bahkan mereka tercatat sebagai tim pertama dan satu-satunya yang telah mengoleksi dua treble winner.

2. Real Madrid

Rival abadi Barcelona ini juga tak pernah terdepak dari divisi utama sejak didirikan pada tahun 1902 Silam. Bahkan, dalam catatan sejarah, mereka dikenal sebagai salah satu klub sepakbola tersukses karena telah mencatatkan 10 titel juara Liga Champions Eropa. Sama seperti Barca, Madrid juga selalu dinaungi pemain bintang sejak dahulu.

3. Athletic Bilbao

Kendari Prestasi Klub Basque ini terbilang biasa saja, tapi jangan salah, faktanya Bilbao adalah salah satu klub Top Dunia yang tak pernah terdegradasi ke divisi dua. Hebatnya, mereka juga tak pernah mengenakan jasa pemain yang berasal dari luar wilayah Basque.

4. Glasgow Celtic

Di Liga Skotlandia, Celtic dan Rangers memang mendominasi, Celtic pun dalam sejarahnya tak pernah turun kasta ke divisi dua. Sejauh ini, mereka telah mengoleksi 46 gelar juara Liga Skotlandia.

Related Articles