Kisah Teori Konspirasi di Final Piala Dunia 1998 Prancis

Sebagai salah satu olahraga yang paling populer di dunia, sama halnya dengan hal populer lainnya, selalu ada teori konspirasi didalamnya yang memancing adanya dugaan kontroversi, skandal, kasus dan berbagai hal lainnya. Ya, dalam dunia sepakbola juga sering terjadi hal seperti itu, dan berikut ini adalah salah satu teori konspirasi yang pernah terjadi serta paling menghebohkan dalam sejarah sepakbola.

Kisah Teori Konspirasi di Piala Dunia 1998 Prancis | Berita Bola Terupdate

Turnamen Piala Dunia adalah turnamen yang paling bergengsi dalam jagat sepakbola. Nah, pada pergelaran Piala Dunia tahun 1998 silam, Brasil sejatinya Dijagokan untuk menjadi juara lantaran para pemain mereka saat itu gemilang bersama klub masing-masing terutama Ronaldo Luiz Nazario De Lima.

Sayangnya, yang keluar sebagai juara Justru tim tuan rumah Prancis, dan yang cukup aneh adalah Prancis mampu menang dengan skor 3-0. Banyak pihak yang tak percaya dengan kekalahan yang diderita Brasil, spekulasi dan teori konspirasipun mulai bermunculan. Ada yang menyebutkan Tim Samba telah ‘menjual’ trofi Piala Dunia kepada FIFA, yang kemudian FIFA menjualnya kepada Timnas Prancis senilai 28 Juta Dollar Amerika. Transaksi ini diklaim terjadi beberapa hari sebelum laga final yang berlangsung di Stade Saint-Denis, Prancis.

Teori Konspirasi ini menyebutkan bahwa Brasil melakukan hal tersebut tidak hanya karena uang, tapi mereka juga meminta FIFA untuk memuluskan laju mereka di Pergelaran selanjutnya, tahun 2002. Brasil juga meminta kepada FIFA agar mereka masuk dalam daftar calon Tuan Rumah Piala Dunia yang akhirnya jadi kenyataan di tahun 2010.

Penyerang andalan Timnas Brasil ketika itu, Ronaldo, sebenarnya sedang dalam kondisi tidak fit, tapi Nike sebagai sponsor utama Brasil meminta agar Federasi Sepakbola Brasil tetap memainkan sang bintang demi menyaingi kemilau Zinedine Zidane sebagai Ikon dari Rival Abadi Nike, Adidas.

Teori konspirasi tersebut sampai sekarang belum terbukti kebenarannya, kedua tim pun sempat kembali bertemu di Piala Dunia 2006, yang mana Prancis berhasil menang dengan skor 1-0.

Incoming search terms:

  • timnas brasil 2002
  • piala dunia 1998 kon
  • skandal piala dunia 1998