Inilah Profil Singkat Lima Kandidat Presiden Baru FIFA

Category: Berita Bola 4

Hari ini, 26 Februari 2016 waktu setempat, di Zurich, Swiss akan tercatat ukiran sejarah anyar terkait terpilihnya sosok yang akan memimpin sepakbola selama periode lima tahun ke depan. Sebagaimana diketahui, selepas dipecatnya Sepp Blatter terkait kasus uang gelap yang terjadi di tahun 2011 silam, FIFA memang akan menggelar Kongres Luar biasa pada 26 Februari 2016 waktu Zurich, Swiss untuk memilih salah satu dari lima kandidat Presiden yang mengajukan diri. Siapa saja kelima orang tersebut?

Inilah Profil Singkat Lima Kandidat Presiden Baru FIFA | Berita Bola Terupdate

1. Gianni Infantino

Umur : 45 Tahun
Negara : Swiss
Jabatan Terakhir : Sekjen FIFA

Awalnya dia didukung untuk gantikan Michel Platini sebagai Presiden FIFA yang juga tersangkut kasus serupa dengan Blatter. Namun tak disangka-sangka, Pria asal Swiss ini langsung mendapat dukungan untuk maju menjadi kandidat Presiden FIFA.

2. Sheikh Salman Bin Ebrahim Al-Khalifa

Umur : 50 Tahun
Negara : Bahrain
Jabatan Terakhir : Presiden AFC dan Wapres FIFA

Kandidat yang satu ini sebenarnya sudah diketahui dan diprediksi banyak pihak, namun uniknya dia berjanji tidak akan menerima gaji dari FIFA jika memang berhasil terpilih menjadi Presiden FIFA nantinya.

3. Pangeran Ali bin Al-Hussein

Umur : 40 Tahun
Negara : Yordania
Jabatan Terakhir : Wapres FIFA dan Presiden JFA

Prince Ali bin Al-Hussein juga ikut bersaing dengan Blatter pada Mei 2015 silam, namun dia kemudian mengundurkan diri pada ronde kedua dalam Kongres tersebut yang setelahnya dimenangkan Blatter.

4. Jerome Champagne

Umur : 57 Tahun
Negara : Prancis
Jabatan terakhir : anggota Komite Eksekutif FIFA

Kandidat ini sempat menuturkan janjinya akan adanya transparansi tingkat tinggi dalam tubuh FIFA jika memang dirinya terpilih menjadi Presiden FIFA dalam Kongres Luar biasa nanti.

5. Tokyo Sexwale

Umur : 62 Tahun
Negara : Afrika Selatan
Jabatan Terakhir : Menteri Pemukiman Afsel

Dia adalah kandidat tertua dalam kongres luar biasa kali ini, kendati menjabat sebagai menteri Pemukiman Afrika Selatan, tapi sosok yang satu ini adalah salah satu pemegang kunci sukses digelarnya Piala Dunia 2010 di Afrika selatan.

Related Articles