FIFA Ballon d’Or Berpeluang Dihapuskan oleh FIFA

Category: Berita Bola 8

Adalah Presiden anyar FIFA, Gianni Infantino yang kabarnya berencana bakal menyudahi pergelaran Ballon d’Or ini untuk kemudian menggantinya dengan FIFA Player of The Year.

FIFA Ballon d'Or Berpeluang Dihapuskan oleh FIFA

Kabar yang cukup mengejutkan datang dari markas FIFA, dimana sejumlah media besar Eropa melaporkan bahwa Asosiasi sepakbola Tertinggi di Dunia tersebut saat ini sedang mempertimbangkan untuk berhenti menyelenggarakan pemberian penghargaan Ballon d’Or kepada seorang pemain.

Gianni Infantino, Pria asal Swiss yang menjabat sebagai Presiden anyar FIFA tersebut dikabarkan ingin agar FIFA sendiri menyelenggarakan penghargaan individual tahunan itu secara independen. Sebagai informasi, dalam beberapa tahun terakhir ini atau sejak 2010,  FIFA bekerjasama dengan majalah asal Prancis, France Football dalam memberikan penghargaan pemain terbaik dunia.

Sebelumnya, kedua belah pihak memiliki cara dan penghargaan tersendiri kepada pemain terbaik dunia. FIFA dengan FIFA World Player of the Year sementara itu, France Football punya Ballon d’Or. Lantas, kedua penghargaan tersebut kemudian disatukan pada tahun  2010 silam dan sekarang kita kenal sebagai Gala Ballon d’Or yang biasanya digelar pada awal Januari.

Ballon d’Or sendiri yang sudah ada sejak tahun 1956 silam dianggap lebih bergengsi ketimbang FIFA Player of The Year, meski awalnya hanya mencakup pemain Eropa saja. Pada 2010, FIFA membayar 15 juta euro untuk bisa melebur kedua penghargaan tersebut menjadi satu. Namun sekarang kontrak antara FIFA dengan pemegang hak Ballon d’Or saat ini (L’Equipe) sudah berakhir dan sejauh ini dikabarkan masih belum ada kesepakatan yang tercapai untuk memperpanjangnya lagi.

Presiden anyar FIFA, Gianni Infantino berencana mengubah format penghargaan tersebut lagi dan menggelarnya di kota London, Inggris, demi memperbaiki hubungan FIFA dengan FA. Kita semua tahu, Biasanya gala penghargaan FIFA selalu digelar di Zurich.

Related Articles