Eto’o Sebut Xavi Harusnya Menangkan Enam Ballon d’Or

Category: Berita Bola 6

Menurut Sosok yang merupakan mantan pemain Barcelona tersebut, Xavi Hernandez termasuk salah satu dari sekian pemain hebat dalam sejarah sepakbola yang seharusnya pantas mendapatkan Ballon d’Or, bahkan lebih dari satu.

Eto'o Sebut Xavi Harusnya Menangkan Enam Ballon d'Or

Samuel Eto’o, mantan penyerang tim Nasional Kamerun tersebut belum lama ini menyoroti sistem voting Ballon d’Or, yang menurutnya tidak adil, sehingga membuat pemain seperti Xavi bahkan tidak pernah memenangkan setidaknya satu dari penghargaan tersebut. Andai saja adil, Sang Legenda Barcelona akan memenangkan penghargaan itu enam kali.

Memang harus diakui, bahwa semenjak FIFA Player of The Year dan Ballon d’Or dilebur pada tahun 2010 silam, penghargaan pemain terbaik dunia selalu didominasi oleh dua orang saja, mereka tak lain adalah Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Sejak 2009 hingga sekarang, total sudah delapan Ballon d’Or yang dimenangkan kedua pemain tersebut, dengan Messi yang mengoleksi lima diantaranya, dan Ronaldo mengoleksi Tiga.

Namun, bukan itu yang dimaksud Eto’o, sosok yang merupakan mantan pemain Barcelona ini rupanya ingin memberikan komentar terkait kontroversi yang melibatkan Xavi dengan Cristiano Ronaldo, di mana pemain Real Madrid sempat menyindir legenda Barca, yang belum pernah memenangkan satu pun Ballon d’Or selama membela Barcelona atau Tim Nasional Spanyol, hingga sudah berada di ujung karirnya sebagai pemain sepakbola.

Dalam kesempatan yang sama, Eto’o juga berbicara mengenai pertandingan antara mantan timnya melawan Leganes akhir pekan besok.

“Andai memang Ballon d’Or itu adil, maka Xavi harusnya sudah memenangkannya lima atau enam kali. Ia pantas untuk mendapatkan semua rasa hormat dari pemain di seluruh dunia. Jika ‘Tuhan’ Messi ingin bermain, maka Leganes akan sulit meraih kemenangan di akhir pekan nanti.” Demikian Ujar Eto’o kepada reporter.

Related Articles