Empat Tim Non Italia Yang Pernah Menangkan Liga Champions di Italia

Category: Berita Bola 6

LiverpoolPartai Final Liga Champions Eropa musim 2015/16 ini akan berlangsung di San Siro, Milano, Italia. Ini adalah untuk kesekian kalinya Italia mendapat kehormatan untuk menjadi Venue laga final kompetisi tahunan yang digelar UEFA ini. Dalam sejarahnya, ada sejumlah tim yang pernah mengangkat trofi Liga Champions Eropa di Italia, tapi berikut ini adalah tim non Italia yang sempat memenangkan trofi tersebut di Italia.

1. Feyenoord.

Pada musim 1969/70 silam, partai final Liga Champions Eropa sempat digelar di San Siro Stadium, Milano Italia, dimana ketika itu klub asal Belanda Feyenoord Rotterdam bertemu dengan Celtic pada partai puncak. Laga tersebut berlangsung sangat intens, bahkan sampai memaksa kedua tim bermain di babak tambahan selama 2×15 menit, untungnya, Feyenoord memiliki pemain skeelas Ove Kindvall yang mencetak gol penentu kemenangan dan menyegel trofi juara.

2. Liverpool

Stadio Olimpico, Roma, menjadi salah satu dari lima tempat yang pernah jadi saksi Buta keberhasilan Liverpool mengangkat trofi Juara Liga Champions Eropa. Tepat pada tahun 1977, dimana sata itu mereka berhasil mengalahkan Borussia Gladbach di partai final dengan skor akhir telak 3-1.

3. Liverpool

Setelah meraih kemenangan di Stadio Olimpico pada tahun 1977, tujuh tahun kemudian, Liverpool kembali berkunjung ke Stadion tersebut untuk melakoni pertandingan yang sama, tapi kali ini mereka harus berhadapan dengan tim tuan rumah AS Roma yang untuk pertama kali mencapai babak final. Disana, Liverpool berhasil menang setelah melalui pertandingan amat panjang dan drama adu penalti.

4. Star Belgrade

Pada tahun 1991, Italia kembali menjadi Venue laga Final Liga Champions Eropa, kali ini, partai final dilangsungkan di markas FC Bari, Stadio San Nicola. Mempertemukan Star Belgrade melawan Marseille. Pertandingan tersebut sendiri akhirnya dimenangkan Star Belgrade.

Related Articles