Empat Kejutan Yang Penah Terjadi di Final Piala FA

Category: Berita Bola 8

Manchester City vs WiganCyrstal Palace akan berhadapan dengan Manchester United pada laga final Piala FA musim ini di Stadium Wembley, London pada akhir pekan nanti, 21 mei 2016. Tentu saja, jika dibandingkan secara head to head dan kualitas skuat, Manchester United akan lebih diunggulkan, namun faktanya dalam sejarah Piala FA, tim unggulan tidak selalu bisa meraih kemenangan. Percaya atau tidak, ada sejumlah kejutan di ajang Piala FA, dan berikut ulasan selengkapnya.

1. Manchester City 0-1 Wigan

Final piala FA 2013 silam adalah yang paling bersejarah bagi Wigan juga bagi Piala FA itu sendiri. Masalahnya, Manchester City amat dijagokan menang dalam pertandingan tersebut, saat masih ditangani Roberto Mancini. Namun apa yang terjadi justru berbeda dari prediksi, Wigan secara heroik memenangkan laga dengan skor akhir 0-1, sebelum akhirnya di musim berikutnya mereka terdegradasi ke Divisi Championship.

2. Wimbledon 1-0 Liverpool

Jauh sebelum Manchester City vs Wigan, Liverpool juga sempat merasakan bagaimana pahitnya dikalahkan tim burem pada partai final Piala FA. Tepat di tahun 1998 silam, mereka dikalahkan Wimbledon yang saat itu hanya bermain di divisi dua liga Inggris. Kala itu the Reds yang dinaungi sejumlah bintang kalah denga skor tipis 1-0.

3. Tottenham Hotspur 2-3 Conventry City

Tidak ada yang menyangkan bahwa Conventry City akan memenangi Piala FA tahun 1987 Silam. Apalagi jika melihat fakta bahwa Spurs menjalani laga final Ketiga sejak tahun 1981. Kemenangan 3-2 diraih Conventry atas spurs, dan gelar tersebut adalah gelar satu-satunya dalam sejarah klub sampai saat ini.

4. Ipswich Town 1-0 Arsenal

Di Tahun 1978, Arsenal sempat nyaris memenangkan Trofi Piala FA lagi, mereka sangat dijagokan ketika bertemu tim divisi Dua, ipswich town pada partai puncak. Namun, apa yang terjadi di final sangatlah berbeda dengan dugaan yang ada, Arsenal keok dengan skor tipis 1-0 dan harus merelakan gelar kepada ipswich town.

Related Articles