Deretan Pelatih Terbaik Dalam Sejarah Liga Champions Eropa

Category: Berita Bola 3

Liga Champions Eropa merupakan kompetisi yang paling dinantikan seluruh elemen dalam dunia sepakbola, sebagaimana kompetisi tersebut selalu menyajikan pertandingan-pertandingan yang sengit tiap tahun dan di setiap babak. Dalam sejarahnya, tidak ada tim yang mampu memenangkan Trofi Liga Champions Eropa ini pada dua edisi beruntun. Namun demikian, ada beberapa pelatih yang dicap sebagai pelatih terbaik dalam sejarah Liga Champions Eropa, siapa saja Mereka? Berikut ulasan selengkapnya.

Deretan Pelatih Terbaik Dalam Sejarah Liga Champions Eropa

1.    Carlo Ancelotti

Siapa yang tak mengenal pelatih kondang asal Italia ini, dia adalah satu-satunya manajer yang berhasil memenangkan tiga gelar Liga Champions Eropa bersama dengan dua klub yang berbeda. Dua diantaranya diraih Ancelotti saat menangani AC Milan, sedangkan satu trofi lagi dia menangkan saat menangani Real Madrid. Sejauh ini, belum ada pelatih yang meraih tiga trofi Liga champions, terlebih bersama dua klub berbeda.

2.    Jose Mourinho

Pelatih asal Portugal ini adalah yang paling dekat untuk menyamai raihan Carlo Ancelotti. Mourinho sendiri baru memenangkan dua gelar Liga Champions Eropa bersama dua klub berbeda, masing-masing diraih saat menangani FC Porto kemudian Inter Milan. Bahkan, bersama dua klub tersebut, dia juga memenangkan Treble Winner.

3.    Pep Guardiola

Guardiola, pelatih asal Spanyol ini juga mengoleksi dua gelar Liga Champions Eropa dalam karirnya yang diraih saat menangani Barcelona. Hebatnya, dalam dua kesempatan tersebut, dia juga mengalahkan tim yang sama, manchester United yang ditangani Sir Alex Ferguson. Masing-masing di tahun 2009 dan 2011.

4.    Sir Alex Ferguson

Dan yang terakhir adalah Sir Alex ferguson, pelatih asal Skotlandia yang pernah memenangkan dua trofi Si Kuping besar selama periode kepelatihannya di Manchester United. Dia  sempat nyaris memenangkan empat, namun kalah di dua final lainnya.

Related Articles