Beberapa Fakta Menarik Tentang Ballon d’Or

Penghargaan Bola Emas atau dikenal dengan Ballon d’Or merupakan penghargaan yang diberikan kepada pemain terbaik dunia dalam periode satu tahun kalender. Pemilihannya berdasarkan voting yang diberikan oleh Kapten, Pelatih dan Jurnalis Sepakbola di masing-masing negara anggota FIFA. Mungkin anda sudah tahu beberapa hal tentang Ballon d’Or ini seperti Sistem pemilihannya dan pemenang terakhir (Cristiano Ronaldo), tapi berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang Ballon d’Or yang belum diketahui banyak orang.

Beberapa Fakta Menarik Tentang Ballon d'Or | Berita Bola Terupdate

1. Pemain Termuda

Lionel Messi bisa saja meraih tiga penghargaan tersebut secara beruntun ketika masih berusia 25 tahun, tapi dia bukanlah yang termuda memenangkan gelar prestisius ini. Ya, adalah Ronaldo Luis Nazario De Lima, Legenda Brasil yang menjadi peraih Ballon d’Or termuda sepanjang sejarah. Dia meraihnya pada tahun 1997 silam, ketika masih berusia 21 tahun.

2. Penjaga Gawang Pertama dan terakhir

Kiper memang amat jarang mendapatkan perhatian dalam dunia sepakbola, terlebih dalam pemilihan Ballon d’Or ini, lihat saja Manuel Neuer yang baru saja gagal bersaing dengan Messi dan Cristiano Ronaldo. Tapi faktanya, ada kiper yang berhasil meraih penghargaan tersebut, dia adalah Lev Yashin, Legenda Uni Soviet sebagai kiper pertama dan terakhir sejauh ini yang meraih gelar Ballon d’Or.

3. Klub Dengan Ballon d’Or Terbanyak

Barcelona menjadi tim yang paling banyak menyumbang peraih Ballon d’Or , total ada 10 Penghargaan yang mereka raih, dan uniknya berasal dari 6 pemain saja, antara lain Luis Suarez (1), Johan Cruyff (2), Hristo Stoichkov (1), Rivaldo (1), Ronaldinho (1) dan penyumbang terbanyak, Lionel Messi dengan 4 Ballon d’Or.

Incoming search terms:

  • peraih ballon dor termuda