Barcelona dan Real Madrid Dijatuhi Sanksi Regulasi Keuangan Uni Eropa

Category: Berita Bola 36

BarcaTidak Hanya duo Clasico yang mendapatkan sanksi terkait dengan adanya pelanggaran terhadap regulasi keuangan, namun juga beberapa klub Spanhol, termasuk Diantaranya, Athletic Bilbao, Osasuna, Valencia dan tiga tim lainnya.

Real Madrid dan Barcelona menjadi dua klub La Liga Spanyol yang didakwa telah melakukan pelanggaran terhadap aturan keuangan dari pihak Uni Eropa. Menurut rumor yang terdengar, kabar tersebut telah terkuak dari laporan investigasi European Commission (EC). Namun, ternyata Selain Duo Clasico, Real Madrid dan Barcelona, ada juga lima klub lain yang juga terhukum, antara lain kelima klub tersebut adalah Valencia, Athletic Bilbao, Osasuna, El Che dan Hercules. Sebagaimana kesimpulan yang ditarik European Commission, ternyata bantuan yang selama ini diberikan oleh pihak pemerintah Spanyol kepada sederet klub-klub telah melanggar aturan bantuan dari negara-negara Uni Eropa.

Untuk kasus Real Madrid Sendiri, Juara Liga Champions Eropa musim lalu itu telah didakwa menerima bantuan senilai 18,4 juta euro dari Dewan Kota. Dianggap telah melakukan penuyalah gunaan dana itu dan, Real Madrid kini wajib mengembalikan uang sejumlah yang mereka ‘salah gunakan’.

Di sisi lain, kasus yang berbeda terjadi pada Barcelona, begitu juga dengan dua terdakwa lainnya, Athletic Bilbao dan Osasuna. Ketiga klub tersebut telah terdaftar dalam ‘organisasi non profit’, alhasil, mereka dikenakan biaya pajak 5 persen lebih rendah dari pihak terkait. Dan, praktek ini sejatinya telah berlangsung lebih dari 20 tahun terakhir.

Menurut informasi yang kami dapatkan, Barcelona, Osasuna dan Athletic Bilbai akan mendapatkan denda yang berkisar antara 0-5 juta euro. Akan tetapi, dikatakan bahwa pihak pemerintah Spanyol sekarang ini masih akan menghitung dulu jumlah tepatnya berapa banyak kerugian yang diakibatkan oleh kerugian yang selama ini terjadi.

Sementara itu, Tiga lainnya, Valencia, Hercules dan Elche masing-masing memiliki hutang senilai 10 juta Euro, 6,1 juta euro dan 3,7 juta euro untuk jaminan atas pinjaman yang diberikan oleh Valencia Institute of Finance.

Related Articles